Cara Membuat Titik-Titik Otomatis pada Daftar Isi | Microsoft Word

Setelah sekian lama membuat laporan akhirnya tiba juga pada tahap penjilidan, hehe. Setiap orang terlebih para pelajar memiliki kemungkinan kecil untuk bisa lepas dari yang namanya Microsoft Word apalagi mahasiswa yang padat dengan tugas, laporan, skripsi dan berbagai tugas lainnya. Pada artkel kali ini, saya akan berbagi hal kecil yang saya tahu dan semoga bisa bermanfaat bagi Sobat yang sedang bingung dalam membuat laporan, khususnya membuat titik-titik otomatis pada daftar isi.






Okay, tanpa basa-basi lagi langsung saja yak, berikut merupakan langkah-langkah dalam membuat titik-titik otomatis untuk daftar isi pada Microsoft Word:

1. Kita mulai dari halaman daftar isi pada Microsoft Word. Sebelumnya buka terlebih dahulu file microsoft word Sobat yang telah terisi oleh daftar isi yang siap diberi titik-titik secara otomatis dengan cara di tab tab tab tab tab dan tab. 


Blok terlebih dahulu isi dari halaman daftar isi yang ingin diberi titik-titik untuk halaman. Kemudian klik kanan dan pilih Paragraph..., untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.



2. Pada tampilan menu Paragraph..., pilih atau klik menu Tabs... yang berada di bagian bawah sebelah kiri pada tampilan menu Paragraph...


3. Pada tampilan menu Tabs, isi tab stop position dengan angka 140 mm atau 14 cm (tergantung satuan ukuran yang Sobat gunakan pada Microsoft Word), kemudian pada pilihan Alignment pilih options Right, selanjutnya pada pilihan Leader pilih options angka dua (2....) yang merupakan titik-titik yang sering digunakan dalam penulisan daftar isi, ataupun jika Sobat menghendaki pilihan lain tinggal mengubah options pada pilihan Leader sesuai dengan pilihan Sobat. Setelah semua pilihan terpilih, klik OK pada menu Tabs. Untuk urutan lebih jelasnya lihatlah gambar di bawah ini.

Catatan:Pada pengisian tab stop position angka yang dimasukkan fleksibel tergantung dari ukuran margins yang Sobat gunakan, untuk tutorial ini sendiri, saya menggunakan margins 40,30,30,30 (satuan mm) { kiri, atas, kanan, dan bawah }

4. Setelah pengaturan Tabs selesai, langkah selanjutnya yaitu memberikan titik-titik secara otomatis pada isi dari halaman daftar isi yang sebelumnya telah diblok tadi. Caranya yaitu dengan menempatkan cursor pada sebelah kanan dari isi pada halaman daftar isi, misalnya "HALAMAN JUDUL" atau "KATA PENGANTAR" dan isi yang lainnya. 

Setelah itu tekan tab pada keyboard dan titik-titik akan memenuhi baris sesuai dengan jarak yang sobat atur pada pengisian tab stop position tadi. Selanjutnya memberi halaman pada daftar isi sesuai dengan tugas atau laporan yang Sobat kerjakan. Hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini.

Hasil Alignment Right setelah di Tab 

Jika Sobat menginginkan akhir titik-titik berhenti sejajar kebawah sebelum bersentuhan dengan huruf atau angka halaman seperti pada gambar di bawah ini,




caranya hampir sama dengan langkah pada tampilan menu Tabs sebelumnya, bedanya hanya pada pilihan yang terdapat di options Alignment dan angka yang dimasukkan pada tab stop position, jika Sobat menginginkan hasil akhir seperti gambar di atas yaitu akhir titik-titik berhenti sejajar kebawah caranya yaitu:

Pada tampilan menu Tabs, isi tab stop position dengan angka 133 mm atau 13.3 cm (tergantung satuan ukuran yang Sobat gunakan pada Microsoft Word), kemudian pada pilihan Alignment pilih options Left, selanjutnya pada pilihan Leader pilih options angka dua (2....) yang merupakan titik-titik yang sering digunakan dalam penulisan daftar isi, ataupun jika Sobat menghendaki pilihan lain tinggal mengubah options pada pilihan Leader sesuai dengan pilihan Sobat. Setelah semua pilihan terpilih, klik OK pada menu Tabs. Urutan langkahnya seperti gambar berikut:


selanjutnya yaitu memberikan titik-titik secara otomatis pada isi dari halaman daftar isi yang sebelumnya telah diblok tadi. Caranya yaitu dengan menempatkan cursor pada sebelah kanan dari isi pada halaman daftar isi, misalnya "HALAMAN JUDUL" atau "KATA PENGANTAR" dan isi yang lainnya. 

Setelah itu tekan tab pada keyboard dan titik-titik akan memenuhi baris sesuai dengan jarak yang sobat atur pada pengisian tab stop position tadi. Selanjutnya memberi halaman pada daftar isi sesuai dengan tugas atau laporan yang Sobat kerjakan. Hasil akhirnya seperti gambar berikut ini.

Hasil Alignment Left setelah di Tab


Demikianlah sedikit pengetahuan tentang cara membuat titik-titik otomatis untuk daftar isi pada microsoft word yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Salam Pemuda Handal !


Terkait:

titik pada daftar isi | titik-titik daftar isi | titik-titik pada daftar isi | titik-titik daftar isi microsoft word | cara membuat titik pada daftar isi | cara membuat titik-titik daftar isi | cara membuat titik-titik pada daftar isi | cara membuat titik-titik daftar isi microsoft word | titik otomatis daftar isi | cara membuat titik otomatis daftar isi | cara membuat titik daftar isi | cara membuat titik daftar isi otomatis | cara membuat titik daftar isi otomatis dengan tab | cara membuat titik di daftar isi microsoft word | cara membuat titik di daftar isi microsoft word 2010 | cara membuat titik di daftar isi microsoft word 2013 | cara membuat titik di daftar isi microsoft word 2016 | cara membuat titik di daftar isi word 2010 | cara membuat titik di daftar isi word 2013 | cara membuat titik di daftar isi word 2016 | cara membuat titik daftar isi pada micosoft word | cara membuat titik daftar isi pada word 2010 | cara membuat titik daftar isi pada word 2013 | cara membuat titik daftar isi pada word 2016



Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment aja !
Kritik dan saran Sobat sangat bermanfaat bagi kami... 😊


Share:

No comments:

Post a Comment

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori