Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Software | Lengkap !!!

Teknologi yang semakin berkembang, secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk  bisa mengerti dan memahami kemajuan teknologi itu sendiri. Memahami teknologi tidak harus dimulai dari hal yang besar, tapi cukup dari hal yang kecil. Contohnya saja pada perangkat teknologi yang sering kita jumpai, katakanlah laptop. 

Di dalam laptop ada sebuah perangkat lain yang tidak bisa kita sentuh, tetapi dapat kita perintah untuk mengerjakan sesuatu. Perangkat tersebut biasa disebut dengan istilah software. Lalu apakah sebenarnya software itu ?, apa fungsi dari software ?, dan apa saja jenis-jenis software ?. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak artikel di bawah ini.

Software mempunyai sebutan lain yaitu perangkat lunak. Karena diartikan sebagai perangkat lunak, maka sifat dari perangkat lunak ini kebalikan dari perangkat keras atau hardware, jika perangkat keras adalah komponen yang ada dan memiliki bentuk yang bisa disentuh secara langsung oleh manusia, maka perangkat lunak atau software tidak bisa disentuh dan hanya bisa dilihat melalui layar pada monitor, dan melalui layar monitor inilah software dapat dioperasikan



Pengertian Software
Software adalah kumpulan data elektronik yang oleh komputer disimpan dan diatur, data elektronik yang disimpan dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Dengan adanya sofware atau perangkat lunak ini suatu komputer akan dapat menjalankan suatu perintah yang telah diberikan.

Fungsi Software
Fungsi Software adalah sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan melalui indra yang dimiliki dan perangkat keras. Melalui software ini, bahasa manusia diterjemahkan kedalam bahasa mesin, sehingga pengaturan mesin komputer menjadi lebih mudah.

Jenis-Jenis Software
Software atau perangkat lunak di golongkan menjadi 3 macam, Yaitu:

1. Sistem Operasi
contohnya; Mac OS, Linux, Microsoft Windows, dll.

2. Program Aplikasi
contohnya: Adobe Photoshop, Microsoft Office, Open Office, dll.

Secara umum program aplikasi ini hanya bisa dipasang (diinstall) dalam seperangkat komputer yang telah memiliki sistem operasi seperti contoh di atas.

3. Software Pemrograman
yaitu bahasa pemrograman Visual Basic, Delphi, Pascal, Python, dll.

Software pemrograman merupakan software yang dapat kita gunakan untuk membuat software lain. Dengan kata lain, software pemrograman itu seperti mesin yang tujuan penggunaannya untuk membuat mesin yang lain.


Baca: Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Contoh Hardware


Macam-Macam Software Menurut Pendistribusiannya
Selain penggolongan software diatas, software juga digolongkan menurut bagaimana cara pendistribusiannya. Macam-macam software menurut pendistribusiannya yaitu sebagai berikut:

1. Software berbayar
Software berbayar yaitu software yang diciptakan dengan tujuan untuk komersil, maksudnya, jika Anda ingin menggunakannya, maka 
Anda harus membayarkan sejumlah uang yang telah ditentukan.

Software ini juga sering disebut sebagai paid software. Contoh dari software berbayar, antara lain: Microsoft Office, Microsoft Windows, Corel Draw, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, 
Anda perlu mengeluarkan uang untuk membeli jenis software berbayar ini.

2. Software Open Source
Software Open Source yaitu software yang bisa 
Anda otak-atik dan kembangkan menurut kreatifitas Anda sendiri. Untuk jenis software ini biasanya terdapat komunitas yang saling bersinergi untuk berbagi pengalaman dalam mengotak-atik dan tentunya didasari dengan pertanggung jawaban atas apa yang komunitas tersebut lakukan. Salah satu ciri dari software open source ini adalah Gratis.

3. Shareware
Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi didalam pendistribusian shareware ini. Shareware pada umumnya merupakan sebuah program yang didistribusikan dengan batasan tertentu, bila ingin mendapatkan fitur-fitur lebih dari yang lainnya, maka 
Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayarnya.

Bisa juga digunakan untuk evaluasi terhadap produk tertentu untuk menambahkan fitur-fitur tertentu yang lebih baik dari sebelumnya. Shareware juga bisa digunakan sebagai bahan uji coba ketika 
Anda ingin membeli suatu software, jika Anda merasa cocok maka Anda tidak akan ragu lagi dalam membeli.

4.Freeware
Freeware merupakan software gratis, sesuai dengan arti dari kata free itu sendiri. Freeware dapat 
Anda download atau peroleh secara cuma-cuma, tanpa harus mengeluarkan uang. Meskipun demikian, terkadang ada sebagian pengembang freeware yang menyertakan persyaratan tertentu didalam sebuah program yang dikembangkan.

Itulah sedikit artikel  mengenai pengertian, fungsi, dan jenis-jenis software pada komputer. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat. Salam Pemuda Handal !

Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment saja !
Kritik dan saran 
Anda sangat bermanfaat bagi kami... 😊


Share:

2 comments:

  1. Terimakasih sangat berguna bagi saya dan jangan lupa kunjungi website kami www.atmaluhur.ac.id
    dan blog saya 2809satnight.blogspot.com

    ReplyDelete

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori