Mau Beli Laptop Bekas Kualitas Terbaik? Inilah 7 Tips untuk Mewujudkannya

Kini, laptop bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer, terutama bagi mereka yang bekerja dalam bidang teknologi atau pun bagi mereka yang sedang menempuh jenjang pendidikan. Untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini, pasti tidak akan lepas dari yang namanya biaya, jika memiliki keterbatasan biaya, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak laptop bekas yang berkualitas.

Tapi, sebelum Anda mendapat laptop bekas, alangkah lebih baik Anda menyimak beberapa ulasan yang dapat menjadi acuan bagi Anda dalam melanjutkan langkah yang lebih serius lagi. Oke berikut beberapa ulasan agar keinginan Anda untuk mendapatkan laptop bekas yang berkualitas bisa terwujud.



1. Beli dari Teman Terpercaya
Bagi Anda yang berkeinginan untuk membeli laptop bekas, cobalah melakukan pencarian mulai dari teman yang Anda kenal, yang pernah menawarkan laptopnya kepada Anda. Jangan terburu-buru untuk mencari laptop bekas melalui forum jual beli online, manfaatkan yang lebih terjamin keamanannya dahulu. Jika Anda mempunyai teman yang menawarkan laptopnya untuk dibeli, maka itulah kesempatan emas Anda. Ada kemungkinan laptop tersebut akan diserahkan pada Anda dengan harga yang lebih terjangkau dan tanyakan padanya seputar kualitas laptop tersebut. Jika dia menjual laptop karena butuh uang, kemungkinan besar laptop tersebut masih kualitas baik dan Jika dia menjual laptop karena ada kerusakan pada laptop tersebut, setidaknya Anda tau bagian mana yang rusak dan dia akan menjual laptop tersebut kepada Anda, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

2. Beli yang Masih Bergaransi
Laptop bekas yang masih memiliki masa garansi baik itu dari garansi distributor resmi maupun garansi toko tentunya layak mendapatkan point lebih untuk di beli. Karena dengan adanya garansi yang masih berlaku akan memudahkan Anda dan pastinya lebih menguntungkan bagi Anda selaku pembeli dan juga untuk berjaga-jaga jika di kemudian hari Anda mendapati masalah ataupun kerusakan pada laptop yang telah di beli.

3. Lakukan Riset
Dalam memilih laptop yang akan menemani keseharian Anda, pastikan dia benar-benar mendukung aktivitas yang Anda lakukan. Sebagai pertimbangan dasar pastikan Anda mengerti tentang spesifikasi minimal laptop yang mendukung aktivitas keseharian Anda, spesifikasi tersebut bisa berupa prosessor, RAM, penyimpanan apa yang digunakan (HDD atau SSD), berapa kapasitas penyimpanannya, dan lain sebagainya. Baca: Apa Itu SSD? Adakah Keunggulannya? Pilih SSD atau HDD?


Jika Anda seorang desainer, tentunya spesifikasi minimal laptop yang Anda butuhkan akan berbeda dengan seseorang yang berprofesi sebagai juru ketik. Maka dari itu spesifikasi minimal laptop merupakan faktor mendasar yang harus Anda penuhi ketika hendak membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan.
Baca: 6 Tips Jitu Memilih Laptop Untuk Desain Grafis

Setelah Anda mendapat gambaran kasar mengenai spesifikasi laptop yang dapat menunjang aktivitas Anda. Selanjutnya Anda bisa memperkirakan harga atau pun merk laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang ada di kantong. Pertimbangkan juga merk laptop yang akan Anda beli.

4. Bertayalah pada Kerabat
Seperti halnya pepatah mengatakan "malu bertanya sesat di jalan", maka dari itu jika Anda memiliki wawasan yang pas-pasan dalam hal pemilihan laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kantong, andalkan kerabat yang menurut Anda mampu untuk membimbing dalam memilih laptop yang sesuai dengan kriteria Anda, baik dari segi spesifikasi maupun biaya yang akan Anda keluarkan.

Mintalah kepadanya untuk memberikan saran tentang laptop yang sesuai dengan kebutuhkan Anda dan dana yang tersedia dikantong. Dengan begitu Anda akan mendapatkan titik terang tentang calon laptop yang sesuai dengan keinginan Anda.

5. Pertimbangkan Harga
Setelah calon laptop incaran sudah tergambar, selanjutnya yaitu memastikan harga pasar laptop tersebut, cara yang dapat Anda lakukan bisa dengan menjelajahi situs-situs jual beli online untuk mendapatkan informasi harga pasar laptop yang Anda incar. Untuk mendapatkan laptop dengan biaya yang paling minim, Anda bisa membandingkan harga laptop incaran Anda di beberapa situs. Gunakanlah situs terpercaya jika Anda ingin membeli laptop lewat jual beli online.

Bagi Anda yang kurang puas jika belum melihat laptopnya secara langsung, Anda bisa melakukan survei harga di berbagai tempat jual beli yang menyediakan laptop. Tanyakan harga pas laptop yang Anda incar dan bandingkan dengan tempat jual beli lain jika Anda berkeinginan untuk mengeluarkan biaya minimum.

6. Cek Kondisi Fisik Laptop
Sebelum melakukan kesepakatan jual beli, lihatlah dengan seksama kondisi fisik laptop secara keseluruhan, ini ditujukan untuk mengetahui apakah laptop masih layak atau tidak, tapi yang namanya laptop bekas, semisal ada sedikit goresan itu juga wajar. Namun, jika ada goresan atau cacat pada laptop yang mengkhawatirkan, tanyakan pada penjual dan pastikan kecacatan tersebut tidak berdampak pada performa laptop.

Lakukan pengecekan pada bagian LCD, periksa apakah ada dead pixel atau tidak, karena jika Anda sudah terlanjur membeli tapi LCD laptop tersebut cacat (misal ada tompel hitamnya) tentu saja itu akan mengganggu aktivitas Anda ketika menggunakan laptop dan jika Anda mengganti LCD laptop tersebut, dapat dipastikan biaya tambahan yang cukup besar akan keluar dari kantong Anda.

Cek juga kondisi speaker laptop, caranya dengan memainkan sebuah lagu dengan volume maksimal, dengarkanlah apakah semua speaker bekerja dan masih normalkah suara yang dihasilkan. Kemudian cek keyboard, pastikan semua tombol masih berfungsi. Pengecekan keyboard dapat Anda lakukan secara manual atau menggunakan software keyboard test sebagai alat bantu.

Periksa kondisi baterai, cek daya tahan baterai apakah baterai masih bisa tahan lama atau sudah bocor, caranya bisa menggunakan software baterai monitor. Software ini digunakan untuk mengetahui wear level baterai dan kemampuan daya tahan baterai lainnya. Jangan lupa cek juga charger laptop dengan cara melakukan pengisian daya pada baterai laptop. 
Baca: 10 Cara Efektif Agar Baterai Laptop Tahan Lama

7. Tes Performa Laptop
Untuk menunjang pekerjaan atau aktivitas Anda di depan laptop, performa laptop yang mumpuni tentunya menjadi faktor utama yang harus dipenuhi. Meskipun menggunakan laptop bekas, itu bukanlah halangan bagi Anda untuk mendapatkan performa laptop yang mumpuni. Maka dari itu sebelum melakukan kesepakatan pembelian laptop, tes lah terlebih dahulu performa laptop.

Anda dapat melakukan uji coba performa laptop secara singkat, caranya bisa dengan Menjalankan aplikasi untuk editing foto, jika semua tahapan mulai dari membuka aplikasi, melakukan editing, hingga penyimpanan hasil editing foto berjalan mulus atau dengan delay yang relatif singkat, maka dapat dikatakan performa laptop tersebut sesuai dengan keinginan Anda. 
Baca: 7 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot | 100% Work !!!

Selain dengan aplikasi editing foto, anda juga bisa melakukan tes performa dengan aplikasi lainnya, seperti aplikasi editing video, atau Anda juga bisa memainkan sebuah game untuk melakukan pengetesan performa laptop. Tapi perlu Anda perhatikan, aplikasi yang digunakan untuk melakukan tes performa laptop harus Anda sesuaikan dengan kemampuan laptop, karena laptop juga memiliki keterbatasan, jika program yang dijalankan melebihi batas maksimal kemampuan laptop untuk bekerja maka lambat laun performa laptop akan semakin menurun, oleh karena itu jadilah orang yang bijak.


Sekian beberapa tips untuk mewujudkan laptop bekas idaman bagi Anda. Semoga lekas mendapat laptop seperti yang Anda inginkan dan semoga artikel ini bermanfaat. Salam Pemuda Handal !


Terkait:

agar dapat laptop bekas berkualitas | tutorial memilih laptop bekas | cara memilih laptop bekas | cara memilih laptop bekas berkualitas | tips jitu dapatkan laptop bekas berkualitas | beli laptop bekas terbaik | tips ampuh dapatkan laptop bekas berkualitas | cara memilih laptop bekas kualitas baik


Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment Saja !
Kritik dan saran Anda sangat bermanfaat bagi kami... 😊


Share:

No comments:

Post a Comment

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori