Cara Membuat Program Billing Net Menggunakan Microsoft Visual Basic + Script Legkap !!!

Di zaman serba internet seperti sekarag ini, kemudahan akan akses internet tidaklah sulit untuk dijumpai. Hampir disetiap lokasi keramaian dan pendidikan selalu ada akses untuk kita terhubung dengan internet, salah satu contoh tempat akses internet adalah warung internet atau biasa disebut warnet. Setiap server atau komputer yang ada di warnet, memiliki sebuah program yang dapat menghitung biaya berdasarkan durasi waktu penggunaan komputer. Program pintar penghitung biaya tersebut biasa dikenal dengan istilah Billing Net.

Pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial tentang cara membuat Program Billing Net Menggunakan Microsoft Visual Basic. Visual basic yang saya gunakan adalah versi 6.0. Program Billing Net ini merupakan sebuah aplikasi yang biasa digunakan pada setiap komputer di warung internet. Program pada tutorial ini sangat sederhana sehingga masih perlu Anda sempurnakan sendiri, hehe. 





Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat program biodata menggunakan microsoft visual basic:

1. Buka program Microsoft Visual Basic 6.0, kemudian pilih standart EXE dan klik Open, dan jendela project IDE dan form Microsoft Visual Basic 6.0 akan ditampilkan. 



2. Pilih objek yang akan digunakan sebagai bagian dari program yang akan dibuat dengan meng-klik objek pilihan pada toolbox, setelah itu posisikan cursor di dalam form lalu klik tahan dan drag membentuk bentuk objek (user interface). Objek toolbox yang digunakan antara lain: Label, CommandButton, dan Timer. Berikut ini merupakan gambar pembuatan objek pada form:


3. Setelah semua objek toolbox digunakan, maka akan didapat tampilan dasar dari program seperti gambar berikut ini.




4. Selanjutnya yaitu mengubah nilai property pada Property Window dari setiap objek toolbox yang telah dibuat sebelumnya hingga terlihat seperti gambar berikut ini.



Cara mengubah element atau nilai setiap objek ada di pengaturan property yang terdapat pada program visual basic agar memudahkan dalam pengisian script program.



Perubahan penamaan element setiap objek dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini, untuk mempercepat pembuatan program Anda bisa mengubah hanya element name dan caption, atau element lain yang sekiranya diperlukan.



Jika perubahan element atau nilai properti pada tabel di atas membingungkan, Anda bisa menggunakan penamaan sendiri, dengan syarat Anda juga harus mengubah penamaan pada script yang nanti akan ada di bawah ini. 

5. Kemudian Double-click pada setiap objek toolbox pada form untuk menampilkan code window. Selanjutnya isikan script atau kode program pada objek yang sesuai agar program dapat berjalan. (inputkan script program yang berwarna biru)

1) Command1


Private Sub CmdStart_Click()
If CmdStart.Caption = "START" Then
mulai = Now()
LabelStart.Caption = Format(mulai, "h:mm:ss AM/PM")
Timer2.Interval = Interval
CmdStart.Caption = "FINISH"
ElseIf CmdStart.Caption = "FINISH" Then
selesai = Now()
lama = selesai - mulai
lm_detik = (Hour(lama) * 3600 + Minute(lama) * 60 + Second(lama))
Biaya = lm_detik * 0.833
LabelDurasi.Caption = lm_detik & " detik"
LabelBiaya.Caption = "Rp " & Biaya & ",00"
Biaya = Timer1.Tag
CmdStart.Caption = "RESTART"
Else
LabelStart.Caption = ""
LabelDurasi.Caption = ""
LabelBiaya.Caption = ""
CmdStart.Caption = "START"
End If End Sub


Fungsi Script
a) If CmdStart.Caption = "START" Then
Digunakan untuk memunculkan tombol start.

b) mulai = Now()
Digunakan untuk memulai dapam penghitungan waktu ketika tombol start di-klik.

c) LabelStart.Caption = Format(mulai, "h:mm:ss AM/PM")
Digunakan untuk memunculkan jam dengan format tertentu.

d) ElseIf CmdStart.Caption = "FINISH" Then
Digunakan untuk memunculkan tombol finish.

e) Biaya = lm_detik * 0.833
Digunakan untuk menentukan total biaya pada billing net.

f) LabelBiaya.Caption = "Rp " & Biaya & ",00"
Digunakan ntuk menentukan format penulisan biaya.

g) End If
Digunakan untuk menghentikan atau mengakhiri perintah pada if.

2) Timer1

Private Sub Timer1_Timer()
LabelJam.Caption = Time 

End Sub

Fungsi Script
a) LabelJam.Caption = Time
Digunakan untuk menampilkan waktu berjalan yang sebenarnya sesuai dengan jam pada komputer yang digunakan.


6. Setelah semua script dimasukkan, Jalankan program dengan cara klik start pada panel yang terdapat di bagian atas tampilan microsoft visual basic, selain itu Anda juga bisa menekan tombol F5 untuk menjalankan program. Berikut merupakan gambar hasil program setelah dijalankan:


Penjelasan:
Setelah tombol START di-klik, maka program akan mulai melakuan perhitungan waktu, ketika tombol FINISH di-klik maka program akan menghentikan waktu perhitungannya dan program akan menampilkan durasi waktu yang telah tercatat beserta biaya dari pemakaian billing. Ketika tombol RESTART di-klik maka program akan kembali menampilkan jam saja dan semua waktu hasil perhitungan beserta total biaya akan dihapus.


Bagaimana? mudahkan. Sekian tutorial cara membuat program billing net menggunakan Microsoft Visual Basic. Semoga Anda tidak bingung dan selamat mencoba. Salam Pemuda Handal !



Terkait:
cara membuat program visual basic | contoh program visual basic | program visual basic sederhana | cara membuat program sederhana visual basic | script lengkap program visual basic


Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment saja !
Kritik dan saran Anda sangat bermanfaat bagi kami... 😊


Share:

No comments:

Post a Comment

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori