10 Cara Efektif Agar Baterai Laptop Tahan Lama, Cukup dengan 1 Tombol

Baterai laptop yang tiba-tiba hampir habis padahal baru sebentar digunakan, seringkali menjadikan si pengguna laptop kuatir tidak bisa menyelesaikan apa yang sedang dikerjakannya, apalagi ketika si pengguna tidak membawa charger laptop yang sedang digunakan. Coba bayangkan, betapa paniknya si pengguna laptop tersebut.

Untuk mengantisipasi laptop cepat kehabisan daya baterai, Anda bisa menerapkan beberapa usaha yang bisa dilakukan agar daya baterai laptop bisa tahan lama. Caranya sangat mudah untuk dilakukan. Tapi perlu diingat setiap baterai memiliki batas kemampuan yang berbeda-beda, tergantung pada merk, tipe, umur, dan bagaimana cara Anda menggunakannya.



Berikut 10 cara yang efektif untuk menjadikan daya baterai laptop Anda tahan lama.
   
1. Redupkan Brightness Layar
Salah satu bagian laptop yang memerlukan daya baterai cukup besar terdapat pada layar laptop, meskipun sebenarnya, bagian mesin laptoplah yang paling besar membutuhkan daya baterai. 

Tapi kenyataannya untuk menjadikan daya baterai laptop lebih tahan lama, pada bagian layar inilah yang bisa diatur tingkat kecerahannya, sehingga menjadikan daya baterai laptop lebih tahan lama. Turunkanlah kecerahan layar, cukup dengan menekan tombol brightness pada keyboard laptop jika Anda menginginkan daya baterai laptop dapat bertahan lama.

2. Jangan Terlalu Lama Menggunakan CD/DVD
Ketika Anda menggunakan CD/DVD dengan jangka waktu yang lama, jangan heran kalau daya baterai laptop Anda menjadi lebih cepat terkuras. Penyebabnya karena ketika CD/DVD-ROM bekerja, membutuhkan daya baterai yang cukup besar.

Untuk mengantisipasi daya baterai yang cepat terkuras karena CD/DVD yang masih berada didalam laptop, pastikan Anda selalu mengeluarkan CD/DVD setelah selesai digunakan.

3. Bersihkan Laptop Secara Teratur
Banyak orang yang mengeluhkan baterai laptopnya tidak tahan lama, ternyata salah satu faktor penyebabnya adalah laptop yang kotor dan penuh debu. Terutama debu pada lubang yang digunakan untuk sirkulasi udara keluar masuk. 

Karena udara pada laptop tidak bisa bersirkulasi dengan baik, akibatnya menjadikan laptop cepat panas, sehingga kipas pendingin akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan temperatur laptop yang tinggi. Semakin kipas bekerja lebih keras, maka semakin besar pula daya baterai yang diperlukan. Baca: 5 Cara Efektif Mengatasi Laptop Cepat Panas

Maka tak heran jika ketika laptop dalam kondisi panas, daya baterai juga akan cepat terkuras. Oleh karena itu, bersihkanlah laptop secara rutin agar daya baterai bisa tahan lama dan menghindarkan laptop cepat rusak karena panas yang berlebih. Baca: 12 Cara Mudah Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

4. Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan
Setiap kali memory bekerja pasti membutuhkan daya dari baterai. Jika memori bekerja karena besarnya ruang memori yang digunakan, maka daya yang dibutuhkan akan semakin besar pula. Selain dari memori, ketika banyak aplikasi yang dijalankan prosesor juga bekerja lebih berat dan pastinya juga membutuhkan daya baterai yang lebih besar.

Oleh karena itu, jika Anda menginginkan baterai laptop tahan lama, batasilah jumlah aplikasi yang Anda gunakan dalam satu waktu, sehingga baik memori atau prosesor tidak meminta jatah daya baterai yang lebih besar.

5. Cabut Perangkat USB
Ketika Anda menggunakan perangkat USB pada laptop, baik untuk flashdisk, hardisk eksternal, mouse, dan sebagainya, tanpa Anda sadari perangkat tambahan tersebut juga menggunakan daya yang bersumber dari baterai laptop, meskipun daya yang dibutuhkan relatif kecil.

Alangkah lebih baiknya, jika setelah Anda menggunakan perangkat tambahan tersebut, jangan membiarkannya masih menancap pada USB laptop, jika Anda menginginkan daya baterai laptop Anda bisa tahan lebih lama.

6. Gunakan Sleep Mode

Ketika Anda menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas, bekerja, atau keperluan yang lainnya, ada saat dimana Anda belum mendapatkan inspirasi untuk melanjutkan tugas atau pekerjaan Anda, nah.. pada saat itulah laptop Anda bekerja tapi dalam kondisi dibiarkan.

Pada keadaan seperti itu jika Anda mengiginkan daya baterai laptop tahan lama, Anda bisa menggunakan sleep mode, agar laptop hanya bekerja dengan daya yang sangat kecil tanpa menutup aplikasi yang sedang Anda gunakan.

7. Matikan Wireless Laptop
Wireless sendiri berfungsi untuk mengubungkan laptop anda dengan koneksi internet atau Wi-Fi. Meskipun pada saat laptop Anda tidak terhubung ke Wi-Fi, jika fungsi wireless ini dihidupkan, secara tidak langsung ternyata juga memerlukan daya baterai laptop Anda, meskipun daya yang diperlukan tidak teralalu besar.

Mematikan fungsi wireless ini, secara tidak langsung akan mambantu Anda menghemat daya baterai laptop agar bisa bertahan lebih lama.

8. Atur Battery Saver
Battery saver adalah fitur penghemat daya baterai yang dimiliki oleh laptop pada umumnya. Seperti namanya, fitur ini sangatlah membantu para pemilik laptop ketika sedang membutuhkan penghematan daya baterai. Baca: 10 Cara Efektif Agar Baterai Laptop Tahan Lama

Agar daya baterai laptop bisa tahan lama, salah satu cara otomatis menghematnya adalah dengan mode battery saver ini. Aturlah penyetelan mode battery saver sesuai dengan kebutuhan Anda.

9. Bersihkan Kutub Baterai
Untuk baterai yang telah digunakan bertahun-tahun, pada bagian kutub baterai seringkali terdapat debu dan kotoran. Bersihkanlah bagian tersebut dengan tujuan untuk memperlancar proses transfer daya dari baterai ke komponen laptop yang memerlukan daya.

Sehingga daya yang dikeluarkan baterai dapat tersalurkan tanpa ada yang terbuang karena terhalang oleh debu maupun kotoran. 

10. Defrag Hardisk
File yang terfraqmentasi atau terpisah-pisah pada hardisk menjadikan hardisk perlu kerja ekstra untuk menyatukannya ketika file dipanggil oleh pengguna. Dengan demikian hardisk akan memerlukan daya baterai yang lebih besar. Baca: Apa itu Defragmentasi Hardisk? Apa Manfaatnya? Berikut Tutorialnya

Agar daya baterai tidak termakan banyak ketika hardisk bekerja, lakukanlah defraq pada hardisk (defraqment drive), tapi Anda harus ingat, ketika mendefraq hardisk pastikan laptop terhubung dengan sumber listrik, kenapa demikian?, karena proses defraq memerlukan daya baterai yang sangat besar.

Itulah beberapa cara yang efektif agar baterai laptop Anda bisa tahan lebih lama. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam Pemuda Handal !


Terkait:
agar baterai laptop awet | agar baterai laptop tahan lama | cara agar baterai laptop tahan lama | cara agar baterai laptop awet | merawat baterai laptop | menjaga baterai laptop | tips agar baterai laptop awet | tips agar baterai laptop tahan lama


Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment saja !
Kritik dan saran Anda sangat bermanfaat bagi kami... 😊


Share:

No comments:

Post a Comment

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori