Pilih Intel atau AMD ?, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Laptop yang baik dan berkualitas pasti sangat mendukung dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang Anda miliki. Salah satu indikator laptop yang baik dan berkualitas bisa dilihat dari prosesor yang digunakan. Prosesor ini merupakan salah satu unsur terpenting di dalam proses atau pun kinerja laptop.

Prosesor sendiri, sebenarnya ada banyak sekali macamnya seperti: Intel, AMD, ARM, Cyrix, Transmeta, Via, dan sebagainya. Tetapi pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai prosesor Intel dan AMD, karena prosesor inilah yang banyak kita jumpai dan lebih umum digunakan.


Lalu jika ingin membeli laptop, bagusnya yang menggunakan prosesor apa? Intel atau AMD? 

Sepengetahuan saya baik Intel atau pun AMD, keduanya merupakan prosesor yang sangat baik dalam segi performa dan segi lainnya dibandingkan dengan prosesor selain keduanya. 

Untuk memberikan pencerahan agar lebih yakin dalam memilih prosesor mana yang lebih sesui bagi Anda, simaklah kelebihan dan kekurangan kedua prosesor tersebut dibawah ini.

Intel

Kelebihan Intel:
1. Tidak Mudah Panas
Prosesor intel memang dirancang untuk bisa mengatur suhu ideal ketika prosesor bekerja. Selain sebagai otak atau pengatur utama di dalam proses kinerja laptop atau komputer, pada prosesor intel ini, juga dapat meredam panas yang diakibatkan dari kinerja prosesor itu sendiri.

Dengan demikian prosesor ikut turun tangan dalam proses pendinginan. Selain dari prosesor, pendinginan juga dibantu oleh komponen lain sehingga hasil pendinginan akan jauh lebih optimal. Karena salah satu kelebihan inilah banyak konsumen yang memilih laptop atau komputer dengan prosesor intel dibandingkan dengan prosesor lainnya.  

2. Tidak Mengeluarkan Suara yang Berlebihan
Kepuasan konsumen nampaknya menjadikan pencipta prosesor intel (Robert Noyce) untuk selalu memberikan kelebihan pada produk yang dihasilkannya. Ini terbukti dengan adanya prosesor intel yang bisa dikatakan hampir tidak bersuara.

Baca: 10 Cara Efektif Agar Baterai Laptop Tahan Lama

Tentunya dengan kerja keras dan selalu meningkatkan inovasi, prosesor intel bisa mendominasi pasar yang ada. Selain itu memang karena faktor umur yang menjadikan pengembang prosesor ini memiliki pengalaman yang lebih dibanding dengan pengembang prosesor lainnya, sehingga prosesor intel bisa dikatakan lebih unggul dari prosesor lainnya.

3. Lebih Unggul dalam Segi Multimedia
Prosesor intel memang sangat mendukung dalam kegiatan multimedia, tepatnya pada prosesor yang high end. Multimedia ini bisa berupa editing video, membuat gambar animasi, editing gambar, dan lain sebagainya. Ketahanan pada prosesor intel inilah yang menjadikannya mampu untuk menjalankan berbagai aplikasi yang berat.

4. Lebih Menang Merek 
Prosesor intel sendiri lahir lebih awal dibanding dengan prosesor pesaing yaitu AMD, hal inilah yang menyebabkan pengguna prosesor intel lebih mendominasi pada produk-produk laptop atau pun komputer yang ada. Dengan demikian pamor yang dimiliki prosesor intel lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor yang lain. 

Kekurangan Intel:
1. Harga Intel Mahal
Karena telah menang merek dan mendominasi pasar juga mungkin karena kualitas yang melekat pada prosesor intel ini, menjadikannya sebagai prosesor yang lebih mahal dibandingkan dengan produk prosesor yang lain.

Dengan mahalnya prosesor intel ini, menjadikan prosesor AMD mulai banyak digandrungi oleh para konsumen karena harga yang ditawarkan lebih murah tetapi dengan kualitas yang setara.

2. Jika Rusak, Biaya Perbaikan Mahal
Semua barang yang kita miliki pastinya lama-kelamaan akan rusak juga, termasuk salah satu komponen utama pada laptop atau komputer kita, yaitu prosesor. Meskipun produk dari intel memberikan garansi dan terkenal lebih awet dari produk prosesor lainnya, pasti ada saatnya nanti prosesor intel akan rusak.

Baca: 12 Cara Mudah Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Karena harga dari prosesor ini termasuk mahal, biaya perbaikannya pun juga akan mahal. Oleh karena itu pastikan Anda merawat sebaik mungkin prosesor intel yang Anda gunakan.

3. Kurang Unggul dalam Segi Grafis
Salah satu kekurangan dari prosesor intel sendiri terdapat pada grafis yang diberikan. Jika Anda seorang gamer pastinya Anda akan memilih prosesor yang mendukung aktivitas Anda dalam bermain game.

Dengan kekurangan dalam segi grafis pada prosesor intel ini, menjadikan prosesor AMD lebih diminati dalm segi grafis, yang sangat terlihat ketika digunakan dalam bermain game.

AMD (Advanced Micro Devices)

Kelebihan AMD:
1. Lebih Unggul dalam Segi Grafis
Jika Anda pecinta game, mungkin prosesor AMD inilah yang dapat menjadikan seperti nyata tampilan visual dalam game yang Anda mainkan. Jerry Sanders selaku pendiri perusahaan AMD, selalu melakukan perubahan pada prosesor yang dikembangkannya ini, jadi tidak heran ada keunggulan yang sangat menonjol dari prosesor AMD ini.

Bahkan karena keunggulan grafis yang ditawarkan oleh AMD, di akhir tahun 2017 kemarin ada rumor yang menjelaskan bahwa Intel akan melakukan kerjasama dengan AMD untuk prosesor baru ber-GPU AMD.

2. Dengan Spesifikasi Tinggi, Harga Lebih Murah
Satu kelebihan lagi dari laptop atau komputer yang menggunakan prosesor AMD, prosesor AMD memang lebih terjangkau dalam harga meskipun dengan spesifikasi yang sama dengan prosesor intel atau bahkan lebh tinggi, prosesor AMD berani memberikan harga yang lebih murah.

Karena murah dan spesifikasinya tinggi, bukan berarti prosesor ini berkualitas rendah. Tetapi ada faktor lain yang menjadikan prosesor ini lebih murah, yaitu karena untuk saat ini prosesor di pasar dunia didominasi oleh Intel, sehingga pamor dari prosesor AMD ini lebih rendah dibanding dengan prosesor intel.

3. Bisa Mendeteksi Malware
Malware (malicious software) merupakan suatu program yang dibuat dengan tujuan untuk menyusup atau merusak sistem komputer. Proses penyebaran malware sendiri bisa melalui email, download internet atau program yang terinfeksi.

Mengerikan bukan?, tapi rasa kekuatiran akan sedikin mereda jika Anda menggunakan prosesor AMD ini, fitur di AMD ini bekerja dengan melakukan check terhadap program yang akan dijalankan. Jika di dalam program yang akan dijalankan terdapat malware maka program tidak akan dijalankan.

Namun, jika tidak ada malware terdeteksi, maka program akan bisa dijalankan dengan izin dari prosesor AMD ini.

Kekurangan AMD:
1. AMD Kalah Merek dibanding Intel
Mayoritas pengguna prosesor di dunia memang menggunakan intel, ini memang karena intellah yang tercipta lebih dahulu dibandingkan AMD, sehingga tidak heran jika AMD mendapat pamor yang lebih rendah dari sebagian masyarakat yang ada.

Namun seiring berjalannya waktu, kini AMD sudah memiliki banyak penggemar yang menggandrungi prosesor ini karena berbagai kelebihan yang dimiliki, meskipun tak dipungkiri masih banyak yang harus dibenahi demi kemajuan AMD kedepannya.

2. Lebih Cepat Panas
Salah satu kelemahan prosesor AMD adalah sering panas ketika digunakan, ini karena prosesor AMD selalu mempertahankan kecepatan transfer datanya, meskipun ketika prosesor ini mengalami penurunan performa ketika kipas ataupun heatsink tidak mampu menangani panas yang berlebih.

Pemahaman mudahnya begini, ketika Anda bermain game, misal game yang berat, maka prosesor akan bekerja keras sehingga menimbulkan panas. Ketika panas prosesor tidak mampu ditangani oleh heatsink dan kipas, prosesor tetap melakukan transfer data dengan stabil tanpa mengurangi kecepatannya. Sehingga prosesor akan semakin panas.

Baca: 5 Cara Efektif Mengatasi Laptop Cepat Panas 

Berbeda dengan prosesor intel yang ketika mendapat panas berlebih, ia akan menurunkan panas tersebut dengan cara mengurangi kecepatan transfer data, sehingga panas akan terkontrol, tetapi berdampak pada kecepatan transfer data pada prosesor intel itu sediri.

Kesimpulan:
=> Pilihlah laptop sesuai kebutuhan Anda

=> Jika Anda menginginkan laptop dengan performa yang tinggi (misal untuk bermain game berat), laptop dengan prosesor AMD mungkin lebih cocok untuk Anda. Tetapi perlu diingat pilihlah prosesor yang high end, dan setiap seri prosesor AMD memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Jangan lupa gunakan cooler sebagai pendingin tambahan.

Baca: 6 Tips Jitu Memilih Laptop Untuk Desain Grafis 

=> Jika Anda membutuhkan laptop untuk kegiatan sehari hari (misal mengerjakan tugas, main game ringan, dll) dan Anda menginginkan laptop yang tidak cepat panas, pilihlah laptop dengan prosesor Intel.

=> Jika Anda menginginkan Laptop dengan performa tinggi dan tidak cepat panas, pilihlah laptop dengan prosesor intel yang high end, misal laptop dengan prosesor intel core i7.

=> Baik prosesor intel maupun AMD merupakan prosesor yang sama-sama unggul dibandingkan dengan prosesor lainnya.
Demikianlah artikel tentang kelebihan dan kekurangan dari prosesor intel dan AMD, semoga Anda bisa menentukan pilihan yang bijak dalam membeli laptop, dan semoga artikel ini bermanfaat. Salam Pemuda Handal !


Terkait:

cara memilih laptop | laptop yang baik | cara memilih laptop sesuai kebutuhan | tips memilih laptop yang baik | pengertian malware | kelebihan dan kekurangan intel | kelebihan dan kekurangan AMD 


Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment Saja !
Kritik dan saran Anda sangat bermanfaat bagi kami... 😊


Share:

No comments:

Post a Comment

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori