Pengertian PySide, GUI, Modul, Class, dan Sejenisnya | Python

Hey programmer muda! wedey. Pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi wawasan seputar PySide dan apa-apa yang ada di dalamnya. PySide sendiri merupakan perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah Lesser General Public Lisense (LGPL) pada bulan Agustus 2009. Di dalam PySide terdapat beberapa module untuk berbagai jenis pengembangan aplikasi yakni: QtCore, QtGui, QtOpenGL, QtNetwork, QtSql, QtScript, QtSvg, QtTest, dan QtWeKit.




Dalam pengembangan GUI yang sederhana, modul yang paling banyak dimanfaatkan adalah QtGui dan QtCore. PySide sendiri masuk didalamnya, sekarang pertanyaannya, apa sih PySide itu, dan hal-hal apa saja yang ada didalam PySide? okedeh untuk lebih jelasnya silahkan Sobat simak artikel di bawah ini.

Pengertian PySide
PySide adalah salah satu perpustakaan untuk membuat aplikasi GUI, PySide sendiri merupakan salah satu dari ratusan seperangkat perpustakaan. PySide dapat berjalan pada semua platform yang didukung oleh Qt, termasuk windows.

Bagaimana cara install PySide?

Apa itu GUI ?
Gui merupakan singkatan dari Graphical User Interface, Graphical User Interface adalah antarmuka yang diterapkan pada sistem operasi yang di dalamnya menggunakan menu grafis dengan tujuan untuk mempermudah interaksi antara pengguna dengan sistem operasi yang digunakan.

Kelebihan GUI
- Unggul dalam desain grafis
- Lebih mudah digunakan
- Dapat lebih menarik minat pengguna

Baca: Cara Membuat Program Menghitung Jarak dgn GUI Python + Script Lengkap

Kekurangan GUI

- Memori yang digunakan lebih besar
- Perangkat keras mempengaruhi penggunaan GUI

Secara sederhana, proses pembuatan GUI dengan PySide menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Mengimpor modul PySide da modul lain yang dibutuhkan (jika ada) ke dalam Python
2. Membuat aplikasi (QApplication)
3. Membuat window dan contens-nya
4. Menampilkan window dan contens yang sudah dibuat
5. Masuk ke dalam aplikasi dengan membuat Qt loop yang bekerja terus-menerus hingga keluar.

Nah, mari kita terapkan langkah-langkah di atas untuk membuat program tampilan sederhana dengan mengimport modul untuk membuat window dan contensnya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka terlebih dahulu Pythonnya ya Sob, caranya dengan memasukkan kata kunci “IDLE (Python GUI)” pada pencarian windows, setelah muncul IDLE (Python GUI) pada pencarian windows lalu tekan Enter. Maka tampilan awal IDLE (Python GUI) akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.



2. Setelah itu, buat file baru yang nantinya akan kita gunakan sebagai tempat untuk menuliskan script-script sebagai bahasa penerjemah dari program yang nantinya akan kita buat. Caranya dengan meng-klik menu "File" yang berada di bagian pojok kiri atas program IDLE (Python GUI), setelah itu pilih dan klik "New File". Selain langkah tersebut, ada langkah yang lebih mudah untuk membuat file baru yaitu dengan menekan tombol "Ctrl + N" pada keyboard secara bersamaan. Untuk lebih jelasnya Sobat bisa perhatikan gambar berikut.



Setelah sub menu "New File" di-klik, maka tampilan file barunya akan terlihat seperti gambar dibawah ini, mirip-mirip kayak notepad gitu lah Sob


3. Langkah berikutnya yaitu memasukkan script dari modul, window, script contens dari window yang akan kita buat dan script pelengkap lainnya. Untuk script lengkapnya seperti di bawah ini.



import sys
from PySide.QtGui import *
from PySide.QtCore import *

if __name__=='__main__':

    myApp = QApplication(sys.argv)

    appLabel = QLabel()

    appLabel.setText('Hey Sob !!! \n'
                     'Salam Pemuda Handal !!!')
    appLabel.setAlignment(Qt.AlignCenter)
    appLabel.setWindowTitle('TMH Window')
    appLabel.setGeometry(300, 300, 250, 175)
    appLabel.show()
    myApp.exec_()

    sys.exit()

Baca: Cara Membuat Program Konversi Suhu dgn GUI Python + Script Lengkap

4. Setelah script dimasukkan, maka langkah selanjutnya yaitu menjalankan program, caranya dengan mengklik "Run" pada menu window tempat kita menempatkan atau menuliskan script program, setelah itu pilih dan klik "Run Module" atau untuk lebih cepatnya, dari tampilan notepad program, Sobat bisa langsung menekan "F5" pada keyboard . Jika Sobat belum menyimpan file programnya, maka akan ada pemberitahuan untuk menyimpan "Source Must Be Saved Ok to Save?" klik saja "OK" dan setelah tersimpan maka program tampilan window yang telah Sobat buat akan dimunculkan seperti gambar dibawah ini,


Tampilan Window Hasil Running Program 
Penjelasan Script
import sys
=> digunakan untuk mengimport sys yang digunakan untuk mengakses konfigurasi interprenter pada saat running program
from PySide.QtGui import *
=> digunakan untuk meng-import modul QtGui sebagai konfigurasi komponen tampilan dalam window
from PySide.QtCore import *
=> digunakan untuk meng-import modul QtCore sebagai inti dari pembuatan program
*
=> digunakan untuk menampilkan semua fungsi pada modul yang ditandai (*)
setAlignment(Qt.AlignCenter)
=> digunakan untuk mengatur posisi dari teks label
setGeometry
=> digunakan untuk mengatur ukuran window yang ditampilkan
setWindowIcon
=> digunakan untuk mengatur icon aplikasi yang dibuat pada python dengan pyside
setToolTip
=> digunakan ketika pointer menyentuh tombol aplikasi yang telah dibuat, maka ketika itu sebuah tulisan yang telah dibuat akan ditampilkan
__init__
=> disebut juga konstruktor yang akan digunakan untuk meng-inisialisasikan sebuah objek, method ini akan berfungsi ketika objek dibuat.

Lalu, Apa itu Qt ?
Qt adalah toolkit atau peralatan untuk pengembangan aplikasi grafis atau visual yang bersifat lintas platform. Qt dikenal sebagai fondasi penyusun KDE, yaitu sebuah linkungan grafis yang populer di Linux.

Pengertian Modul
Modul adalah sebuah file yang berisi sekumpulan fungsi dan intruksi-intruksi program python. Untuk menjalankan atau memanggil modul-modul di python, caranya yaitu dengan memasukkan perintah import pada script penyusun program.

Pengertian Class
Class adalah sebuah objek yang di dalamnya terdapat beberapa metode atau perintah yang jelas merupakan isi dari sebuah class ini. Nama lain dari class adalah Object Oriented Programming (OOP). Class sendiri mempunyai fungsi untuk memudahkan proses atau kegiatan program.

Baca: Cara Membuat Program Terbilang dgn GUI Python + Script Lengkap

Pengertian Widget dan Dialog

=> Widget adalah jendela pusat interface pengguna, widget sendiri juga bisa dikatakan sebagai dasar dari pengembangan aplikasi Graphical User Interface. Sebagian besar widget tersedia dalam modul QtGui dan QtCore.

=> Dialog adalah jendela berukuran kecil dengan beberapa fungsi spesifik yang akan membantu pengguna memilih opsi atau menjalankan beberapa operasi.

Macam-macam Widget
- QCheckBox
- QComboBox
- QLabel
- QPushButton
- dan lain sebagainya

Macam-macam Dialog
- QFileDialog
- QErrorMessage
- QPrintDialog
- QColorDialog
- dan lain sebagainya

Apa itu QtGui dan QtCore ?
QtCore merupakan inti dari Qt, namun tidak menyediakan sesuatu yang terkait dengan tampilan, sedangkan QtGui menyediakan fungsi-fungsi pengembangan dari QtCore yang bersifat tampilan.

Sekian artikel tentang pengertian pyside, gui, modul, class, dan sejenisnya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Sobat sekalian yay. Salam Pemuda Handal !

Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment saja !
Kritik dan saran Sobat sangat bermanfaat bagi kami... 😊


Share:

No comments:

Post a Comment

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori