Manfaat, Kelebihan, dan Perkembangan Microsoft Visual Basic

Di zaman yang semakin maju ini, perkembangan teknologi seperti tidak ada habisnya, disana-sini nampak terlihat jelas dampak dari perkembangan teknologi, banyak yang bersifat positif atau bahkan ada juga yang bersifat negatif.

Seperti halnya dalam dunia pemrograman, sekarang ini berbagai software diciptakan dengan tambahan berbagai fitur-fitur terbaru yang semakin canggih dan kompleks, sehingga dapat mempermudah manusia dalam pengolah suatu data.

Dan pada artikel kali ini akan dilakukan pembahasan seputar manfaat, kelebihan dan perkembangan pada Microsoft Visual Basic, untuk lebih jelasnya simaklah artikel berikut.






Microsoft Visual Basic atau lebih sering disebut VB adalah bahasa pemrograman berbasis windows yang merupakan Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman yang diorientasikan pada objek-objek yang disediakan di dalam visual basic itu sendiri.

Bahasa BASIC pada dasarnya merupakan bahasa yang mudah untuk dimengerti sehingga pemrograman menggunakan bahasa BASIC dapat dilakukan dengan mudah sekalipun yang melakukannya adalah seorang pemula.

Pada pemrograman visual ini, pengembangan aplikasi diawali dengan membentuk User Interface kemudian mengatur properti dari berbagai objek yang akan digunakan dalam User Interface, dan setelah itu baru dilakukan penulisan kode pada program di setiap event-event yang ada. Tahapan pengembangan aplikasi seperti ini lebih dikenal dengan pendekatan Bottom Up. 


Beberapa hal yang harus dipahami ketika mempelajari Visual Basic:

  • Properti merupakan atribut-atribut yang terdapat pada kontrol (objek) yang biasanya berupa karakteristik penampilan seperti jenis huruf, ukuran, warna, dan sebagainya. 
  • Event merupakan segala sesuatu atau kejadian yang dapat dialami oleh sebuah objek. Suatu kontrol (objek) bisa saja memiliki banyak event. 
  • Method (Metode) adalah perbuatan atau aksi yang dimiliki oleh kontrol (objek) sehingga programmer dapat menggunakannya untuk memanipulasi sesuatu, method ini berasal dari penulisan kode yang diberikan oleh programmer.

Baca: Cara Membuat Program Biodata Menggunakan Microsoft Visual Basic + Script Legkap !!!

Manfaat Microsoft Visual Basic
  1. Dapat digunakan untuk membuat program aplikasi yang berbasis Windows. 
  2. Untuk membuat berbagai objek pembantu program seperti kontrol ActiveX, aplikasi internet, file help, dan lain sebagainya. 
  3. Menguji program atau debugging dan menghasilkan program ber-ekstensi akhir EXE(.exe) yang bersifat executeable (dapat langsung dijalankan). 

Kelebihan Microsoft Visual Basic
  1. Bahasa pemrograman dengan teknik pemrograman visual yang dapat menjadikan penggunanya berekspresi lebih baik dalam menghasilkan suatu program aplikasi, sekalipun digunakan oleh pemula. 
  2. Memiliki fitur database dan multimedia yang semakin baik. 
  3. Memiliki pemrograman internet dengan DHTML (Dynamic Hyper Text Markup Language) 
  4. Dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam sistem operasi windows dengan komponen ActiveX Control. 
  5. Tidak memakan banyak memori komputer dan lebih ringan dari bahasa pemrograman yang lain. 
  6. File executeable yang dihasilkan oleh Visual Basic berukuran kecil dan menggunakan resource yang tidak banyak. 
  7. Proses dalam belajar Visual Basic lebih singkat jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain. 

Baca: Manfaat, Kelebihan, dan Perkembangan Bahasa Pemrograman C++

Perkembangan Microsoft Visual Basic

Visual Basic 1.0
Visual Basic 1.0 merupakan salah satu bahasa komputer pertama yang mendukung pemrograman event-driven. Event-driven merupakan sebuah metode pemrograman yang sangat cocok untuk antarmuka pemakai grafis. Secara tradisional, pemrograman merupakan sesuatu yang berorientasi pada proses dan tahapan demi tahapan. Visual basic ini bisa dikatakan sebagai program pengganti dalam meng-input sebuah kode program yang harus diposisikan dengan benar dalam setiap langkah dengan urutan yang tepat.

Suatu program yang dapat dikatogerikan besar dapat diganti dengan kumpulan mini program yang dipicu oleh event-event yang dilakukan oleh programmer. Dengan Visual Basic, aplikasi bisa dijalankan dengan cepat dan mudah. Sebagaimana kata Visual yang tersirat, pemrograman dilakukan dengan cara mengutamakan fungsi visual, berarti sebuah aplikasi akan bisa terlihat hasilnya walaupun belum dijalankan. Letak dan ukuran menu, tombol, textbox, dan elemen lainnya dapat dirancang hanya dengan menggunakan mouse dan keyboard.

Visual Basic 2.0
Visual Basic 2.0 dirilis pada bulan November 1992, Cakupan dalam pemrogramannya cukup mudah untuk digunakan meskipun oleh programmer tahap pemula dan kecepatannya juga telah di modifikasi, khususnya pada Form yang menjadikan object bisa dibuat secara seketika.

Visual Basic 3.0
Untuk memenuhi kebutuhan yang semakin kompleks dari para programmer Visual Basic 3.0 pun diluncurkan dengan kinerja yang sudah ditingkatkan. Visual Basic 3.0, dirilis pada musim panas tahun 1993 dan dibagi menjadi 2 tipe yaitu versistandard dan professional. Visual Basic 3.0 ini memasukan Versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine yang dapat menulis serta membaca database Jet 1.x. Bukan hanya DAO (Data Access Object = berfungsi untuk mengakses database) sudah ditambahkan, tapi juga akses data visual dengan kontrol data juga sudah diberikan. Aplikasi data pada browsing bisa dengan mudah dilakukan tanpa meng-input kode. Kontrol OLE (Object Linking and Embedding) juga sudah ditambahkan didalamnya.

Visual Basic 4.0
Seiring dengan berkembangnya teknologi microprocessor yang telah berbasis 386 ke teknologi Pentium, Microsoft pun akhirnya merilis Windows 32 bit-nya yang pertama kali yakni Windows 95.

Windows 95 ini sangat terkenal karena dapat menampilkan GUI dengan konsep baru yang lebih memudahkan pemakai dalam menjalankan suatu aplikasi. Untuk mengatasi permasalahan didalam perubahan dari Windows 3.11 (16 bit) ke Windows 95, maka Microsoft pun meluncurkan Visual Basic 4.0 pada bulan Agustus 1995 diamana visual basic 4.0 ini menawarkan 2 compiler yang berbeda dan terpisah, yang satu digunakan untuk pengembangan windows 16 bit dan yang satunya lagi untuk windows 32 bit.

Pada versi kali ini, para programmer dapat menciptakan sebuah program aplikasi dengan berbasiskan COM (Componen Object Model) yang mendukung kemampuan untuk dapat membuat DLLs (Dynamic-Link Libraries). Pada waktu inilah pertama kali konsep OOP diterapkan pada Visual Basic.

Visual Basic 5.0
Visual Basic 5.0 (pada bulan February 1997), Microsoft meluncurkan secara spesial dan eksklusif Visual basic untuk versi windows 32 bit . Programmer yang menulis programnya pada versi 16 bit dapat dengan mudah melakukan import porgramnya dari Visual Basic 4 ke Visual Basic 5. dan sebaliknya, program Visual Basic 5 dapat diimport ke Visual Basic 4. Visual Basic 5 memperkenalakan kemampuannya untuk membuat sebuah User Control yang dapat membangun dan mendistribusikan ActiveX Control yang diberikan pada Visual Basic 5.0.

Visual Basic 6.0
Pada tahun 1998, Microsoft merilis Visual Basic 6.0 dengan 3 fitur projek baru, yaitu Data Project, DHTML Application, dan IIS Application. Dengan 3 fitur baru ini, diharapkan pemrograman Visual Basic mampu untuk membuat aplikasi internet yang lebih handa dari sebelumnya.

Visual Basic 7.0
Visual Basic .NET (Visual Basic 7), dirilis sekitar tahun 2002, beberapa programmer yang mencoba versi pertama .NET ini mengatakan bahwa bahasa pemrograman ini sangat power full dan sangat berbeda dengan bahasa sebelumnya, dengan demikian justru menjadikan kekurangan. Selain itu kekurangan juga terdapat diberbagai area, termasuk runtime-nya yang 10 kali lebih besar dari paket runtime sebelumnya yaitu Visual Basic 6.0 serta peningkatan penggunan memory.

Visual Basic 8.0
Visual Basic 2005 (VB 8.0) , merupakan pengulangan dari Visual Basic .NET dan Microsoft memutuskan untuk menghilangkan kata .NET pada produknya ini. Pada peluncuran kali ini , Microsoft memasukan beberapa fitur tambahan baru, diantaranya:

  1. Edit and Continue, mungkin inilah salah satu kekurangan fitur terbesar dari VB .NET . pada Visual Basic 2005 ini programmer diperbolehkan untuk memberikan perubahan kode ketika program sedang dijalankan 
  2. Perbaikan pada Konversi dari Visual Basic ini adalah dengan dirilisnya tambahan berupa NET framework versi 1.1. 

Visual Basic 2005 Express
VB ini merupakan salah satu bagian produk dari Visual Studio. Microsoft membuat produk ini untuk programmer pemula yang mulai menyukai visual basic yang merupakan produk gratis kembangan dari Microsoft.


Visual Basic 9.0
Basic “Orcas” (VB 9.0) , dirilis pada tahun 2007 dan dibangun diatas .NET 3.5. Pada rilis kali ini , Microsoft menambahkan beberapa fitur , diantaranya :

  • True Tenary operator , yaitu fungsi If (boolean,value, value) yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi IIF 
  • LINQ Support 
  • Ekspresi Lambda 
  • XML Literals 
  • Nullable types 
  • Type Inference 

Visual Basic 10.0
Visual Basic "VBx" (Visual Basic 10.0) , Visual Basic 10, yang juga dikenal dengan nama VBx ini, menawarkan dukungan untuk Dynamic Language Runtime. Visual Basic 10 .0 direncanakan akan menjadi sebuah bagian dari SilverLight 1.1.

Demikian artikel mengenai pengertian, manfaat, kelebihan, dan perkembangan Microsoft Visual Basic. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Salam Pemuda Handal !


Kurang puas dengan artikel ini ?, Comment saja !
Kritik dan saran Anda sangat bermanfaat bagi kami... 😊



Share:

4 comments:

  1. Gan apa kelebihan vb.10 di bandingkan yang lain???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kelebihan pada vb 10 ini, merupakan penyempurnaan dari fitur2 sblmnya pd vb yg tlh ada

      Delete
  2. Wahhh sangat membantu sekali, saya jadi semakin paham ttg manfaat, macam2, dan kelebihan kekurangan visual basic..
    Terimakasihh....
    Www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  3. VB is dead already. This article is biased

    ReplyDelete

Favorit

Ringan + Anti Ribet ! Inilah 7 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik

Akan ada saatnya ketika kita dituntut untuk bisa mengabadikan aktivitas penggunaan computer menjadi sebuah video. Contohnya saja untuk membu...

Terbaru

Kategori